INI BUKAN SAMBAT ATAU OPINI




Hai, aku IKA
Latar belakang nulis ini karena ternyata banyak banget, terutama temen-temen aku sendiri emang sebenarnya suka merasa “kesepian” oke bukan berarti aku menjudge mereka, tapi aku mengatakan “kesepian” itu adalah kesimpulan dari berbagai masalah yang telah mereka hadapi. Sebagai mahasiswa rantau usia 20 tahun (itung ndiri lah saya semester berapa, no gap year), kuliah jurusan (DKV ) Desain Produk, di perguruan tinggi seni NEGERIIIIII. Aku akan menjabarkan hampir semua perkembangan yang telah aku rasain semasa kuliah ini. Ini dia.....



Gambar 1.1 Mind Mapping of My Campuss Life
(eaaa.... belom mu pon sama makalah konsep produk 2 bendel 1 bulan)


Tau Mind map kan? Tau dong. BTW gausah dipahami betol anak panah warna merah itu, ribet!! Nanti kalian kesel sendiri dan jengkel sama saia wkwkw. Oke saia mulai membahas...... dari mind map itu..... pikiran utama saia pas kuliah adalah “JAUH ORTU” jadi disini mulai kubahas apapun mengenai jauh dari ortu menurut apa yang aku ketahui.



#SEGMEN SATU

Gini ya, orang tua itu segalanya buat kalian. PERINGATAN!!! (aku menghargai kondisi orangtua kalian bagaimana, bukan mengkasihani, atau menyuruh kalian mendegar tulisanku). Oqe lanjut, orang ga akan menghargai kalau tidak kehilagan /eaaakkk. Ini saya bangettt!! GA BANGET BANGET SIH. Lebih tepatnya ini terjadi ke orang tua sendiri, dulu pas jaman kecil (oke flashback ceritanya) aku dapet banyak banget waktu maen tanpa orang tua, diasuh sama tante gw dari pagi sampe sore, malem pun orang tua udh capek gara2 kerja seharian. Yang namanya suami istri pasti ada konflik!!! Iyaa!!! Kalau aku kena konflik ekonomi, mereka sangat sering berantem, dan mereka sama-sama galak. Kebetulan keluarga kecil yang sakinah mawadah warahmah milik Tante ku ini, belum dikaruniai anak satu pun...... alhasil aku ANAK SULUNG, dibesarkan dan dibimbing bersama keluarga mereka, sampai akhirnya suami Tanteku ini meninggal...... lalu aku diambil lagi oleh orang tua karena Tanteku ini udah GA NIAT urus diriku yang masih SD. (setelah meninggal, eta ternyata tante gw ini diem-diem menjalin hubungan dengan ayah dari temen aku sendiri, kyaaaa. Temenku ini pas SD suka bully gw, kadang gw ga mau masuk sekolah, ribet kan? Pokoknya sekarang, orang tua temen gw ini jadi cerai, but yha memang gitu alurnya)

Hasil gambar untuk nasida ria lirik meme
                                                           

(peristiwa ini sering terjadi di lingkungan keluarga besar aku, mungkin aku jadi generasi terakhir). Balik ke masalah orang tua, alhasil makin tambah usia, aku GA DEKET sama orang tua bahkan IBUK sendiri. Komunikasi juga jarang, dan lebih suka baca2 buku yang intinya ga mau sosialisasi, sering tengkar, jarang ketemu bahkan ada imajinasi kabur dari rumah. (Ini cikal bakal gw memutuskan kuliah merantau)



Tiba waktunya, dengan segala persoalan2 yang rumit terjadi. Aku kuliah yang berjarak sekitar 250km dari rumah, yang YEAYYY AKU NGE-KOST!!! Aku exited. Tapi u know that? Mungkin ini jadi pelajaran bagi diriku sama orang tua aku sendiri. Ibuku mulai ngerasain “kehilangan” pas aku tinggal kuliah ini, dan akibatnya komunikasi itu makin baik dan jarang terjadi perselisihan. Kek meme ini nih.....

 Gambar terkait
 sumber pic: MEMECOMIC

Buat diriku sendiri, yang yeayyyyy terlepas dari aturan2 menyebalkan, ternyataaaaa kangen kumpul orang tua dan pasti konflik sama perut
 Hasil gambar untuk meme anak rantau

Tapi sebenernya gaes, ada suatu pandangan yang mesti kalian tangkap betol-betol. Orang tua gw ini pemarah bangetttt!!! Jadi aku sendiri paham takutnya aku ketika dimarahi. Mereka itu meluapkan amarahnya, biar anaknya engga kena hal-hal negatif. IYA, itu terbukti! Jangankan hubungan anak sama orang tua, kalau sahabat kalian melakukan tindakan yang membahayakan pasti kalian akan marahin temen kalian kan?!! Itu berlaku ke gebetan!!

Jadi ketika ada postingan “bakal kangen dimarahin mama” GUE SIH KAGAKKKK, KAGAK MAU GUE, CUKUPSSS!!! ga mau dimarahi lagi. Mungkin aku belum nulis poin-poin lagi dari efek jauh orang tua, selain susah makan. Tak perlu lah aku membahas, kalau jauh dari orang tua itu mandiri, seharusnya itu udah otomatis. Dannnn

Hasil gambar untuk nasida ria lirik meme
                                                        

Jdi y itu!!! Itu!!! Kasih sayang yang didapatkan ga Cuma dari kata-kata atau tindakan menyentuh lainnya. Marah itu juga termasuk lho. Kasih rajin duit bulanan itu juga kasih sayang *love. Mestinya aku bahas juga kali ya? Mengenai  “apa itu marah?” tapi aku lelah.

                                                      

OH IYA, tiap orang memiliki kehidupan yang masing-masing, seharusnya ikatan ibu dan anak itu terjalin kuat. Bahkan aku sendiri masih bingung, anak perempuan yang bisa curhat bersama ibunya seperti teman, aku sendiri ga tau rasanya gimana. Jadi, maklumi lah hidup aqu yang penuh drama ini sedjak lahir (oqe lebay).



TAPI SERIUS, saia punya amanat, “berdasarkan pengamatan dari teman-teman saya, yang namanya anak muda itu pengen seneng, belanja, beli ini itu, punya banyak teman. Bahkan ada yang pengen yang sederhana aja syukur2 bisa sekolah. Kalau salah satu ini (keluarga dan sahabat, harta, dan fisik) masih utuh, artinya masih kuat. Udah lah, terutama usia2 19 tahun keatas begini, karena tanggung jawab makin banyak.”


Oke sekian, mon maap jika ada kata yang kurang berkenan. Tulis komentar yang baik kalian mengenai kerisauan di usia 20 tahun...... komentar kalian sungguh bermanfaat lho /hiks. TRIMAKASI XD
 

Komentar